Pressure Gauge - Manfaat Pressure Gauge untuk Tekanan Ban

 Tahukah Anda bahwa pressure gauge tak melulu hanya bermanfaat untuk kalangan pelaku industry-industri berskala besar seperti industry kilang minyak, industry pengolahan makanan, industry instrumentasi, dan lain sebagainya. Pressure gauge juga dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan keberadaan pressure gauge dapat menjamin keamanan dan keselamatan dalam mengemudi. Tidak percaya?

Seringkali kita menjumpai kasus pecahnya ban di jalan raya yang berakibat pada terjadinya kecelakaan lalu lintas. Hal ini tidak hanya membahayakan pengemudi dan penumpang lain dalam mobil, namun juga membahayakan pengguna jalan lain. Oleh sebab itu pengecekan kondisi ban mobil merupakan hal kecil yang patut ditutinkan sebelum menggunakan mobil untuk melakukan mobilitas. Penyebab utama kasus pecahnya ban kebanyakan didominasi oleh kurangnya tekanan angina, disinilah peran penting dari pengukur tekanan ban atau tyre pressure gauge.

Tyre pressure gauge yang masih menjadi bagian dari pressure gauge, temperature gauge, dan pressure calibrator dinilai memegang peranan yang cukup penting dalam memastikan stamdar keamanan ban mobil. Dengan menggunakan tyre pressure gauge dapat dipastikan tekanan angin yang ideal dan sesuai untuk ban, hanya dengan melihat fisik dari ban mobil Anda. Apabila mobil Anda adalah jenis mobil yang memiliki kaki-kaki sensitive, maka adanya perbedaan tekanan antara 3 sampai 5 psi tidak akan terlihat. Padahal hal ini dapat menimbulkan kecenderungan “membuang” pada arah-arah tertentu. Kasus seperti itu pada umumnya dijumpai pada mobil yang pernah mengalami ganti velek atau penggantian ban dengan ukuran yang di atas standar pada umumnya. Seringkali pengemudi mengira terjadi spooring keselarasan roda, padahal apabila pengemudi mobil memiliki alat ukur tekanan ban, dapat segera diketahui penyebab ketidaknyaman yang tinbul saat mobil dikemudikan.


1 Response to Pressure Gauge - Manfaat Pressure Gauge untuk Tekanan Ban