Home » » Metode Instalasi Sistem Operasi

Metode Instalasi Sistem Operasi



   Ada beberapa cara untuk menginstal sistem operasi baru. Metode Instalasi Sistem Operasi ini didasarkan pada perangkat keras sistem dan kebutuhan pengguna akhir. Umumnya, Anda memiliki empat pilihan dasar untuk instalasi sistem operasi baru :


Installasi Baru 
Kita bisa melakukan instalasi bersih pada komputer baru atau dalam kasus-kasus di mana tidak ada jalur upgrade antara sistem operasi saat ini dan yang baru. Jenis menghapus instalasi semua data pada partisi hard disk dimana sistem operasi saat ini diinstal. Sebuah PC baru membutuhkan, tentu saja instalasi bersih. Anda juga dapat melakukan instalasi yang bersih pada saat instalasi sistem operasi saat ini telah rusak atau file tidak bekerja dengan benar.

Upgrade Instalasi
Kadang-kadang, juga memungkinkan untuk melakukan upgrade. Ketika Anda melakukan upgrade, OS pengaturan konfigurasi, program yang diinstal dan data yang diawetkan. Dengan instalasi ini Anda tidak perlu khawatir, karena Anda tidak akan kehilangan data pribadi. Anda hanya akan mengganti file sistem operasi lama dengan, file baru ditingkatkan. Namun, perlu diingat bahwa setelah upgrade aplikasi dan driver yang tidak kompatibel dengan OS yang baru tidak akan bekerja seperti yang diharapkan.


Instalasi Multi-Booting
 Pilihan lain adalah dengan menginstal beberapa sistem operasi pada satu komputer. contoh komputer anda berisi OS Linux,Windows XP,98,2003 dll,Anda dapat menginstal setiap OS di dalam partisi disk yang berbeda dan cara ini setiap OS akan memiliki file sendiri dan pengaturan konfigurasi. Pada multi-boot instalasi, pengguna melihat menu ketika mereka membuka komputer mereka dan mereka harus memilih OS yang diinginkan. Tentu saja, hanya satu sistem operasi dapat berjalan pada satu waktu.

Virtualisasi
Ini adalah teknik baru relatif yang sering digunakan pada server. Dengan virtualisasi kita dapat menjalankan salinan berbagai sistem operasi pada satu set perangkat keras dan menciptakan cara ini beberapa mesin virtual. Setiap mesin virtual tunggal bekerja seperti komputer yang terpisah. Teknologi ini membuat sumber daya perangkat keras tunggal fisik untuk tampil seperti sumber daya logis ganda.

   Sebelum memulai instalasi sistem operasi yang Anda harus memastikan bahwa semua perangkat keras disertifikasi untuk bekerja dengan sistem operasi baru. Juga pastikan bahwa sumber daya perangkat keras memenuhi persyaratan instalasi minimal. Apalagi bila Anda melakukan upgrade itu adalah praktek yang sangat baik untuk melakukan scan virus sebelum memulai instalasi dan full backup lengkap semua data pribadi Anda.

   Salah satu metode yang membantu Anda melindungi data Anda adalah: Buat beberapa partisi pada hard disk dan menginstal OS yang berbeda pada setiap partisi. Lalu copy semua data Anda di dalam sebuah partisi kosong yang tidak mengandung sebuah OS. Dengan cara ini Anda dapat meng-upgrade sistem operasi tanpa risiko kehilangan data apapun. Backup dan pemulihan file data juga lebih mudah dengan desain ini.Hal ini juga penting untuk menentukan jenis sistem file untuk digunakan. Sistem file mengontrol bagaimana toko OS dan melacak file. Ada beberapa file sistem yang tersedia. Yang paling terkenal adalah: FAT 32, NTFS, HPFS, ext2 dan ext3. Setiap sistem operasi ini dirancang untuk menggunakan satu atau lebih dari file sistem. Ada keuntungan dan kerugian pada setiap sistem file. Pertimbangan yang cermat harus dilakukan untuk jenis sistem file yang didukung oleh OS yang dipilih dan manfaat masing-masing. 
Share this article :

1 komentar:

 
Contact Support : Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
Copyright © 2013. Dena Arta Putra - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger